pompa vakum Becker
pompa vakum Becker
07 Oct 2021 | By admin

Jenis Vacuum Pump, Kegunaan dan Cara Kerjanya

Alat pompa vakum saat ini menjadi kebutuhan akan bisnis industri besar yang ada di Indonesia. Seperti misalnya industri perangkat elektronik, industri alat khusus untuk kesehatan dan industri produk pembersih.  

Pompa vakum adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan molekul gas dari sebuah ruangan yang tertutup dengan tujuan untuk mencapai tekanan tersendiri pada mesin vakum. Atau lebih mudahnya untuk mengetahui bagaimana cara kerja mesin vakum adalah untuk menghilangkan kelebihan udara yang terdapat di sebuah ruangan tertentu. 

Jenis Mesin Pompa Vakum yang Digunakan pada Industri

Dalam sebuah industri, keberadaan pompa vakum memiliki peranan yang cukup penting khususnya untuk operasional produksi. Diantaranya adalah untuk melakukan vacuum coating pada material kaca, pabrik lampu, pabrik yang memproduksi komponen elektronik, untuk proses pemurnian oli, produksi alat kesehatan seperti radiosurgery, radiotherapy dan radiopharmacy. 

1. Pompa vakum kimia

Pompa vakum jenis ini beroperasi dengan menggunakan metode kimia khususnya dalam pengikatan gas yang ada di ruangan tertutup sehingga mampu memproduksi tekanan pada vakum. Jenis pompa ini dinamakan pompa Entrapment yang memiliki jenis cryopump untuk mengikat air pada permukaan yang dingin. 

pompa vakum kimia(sumber : abdulelektro.blogspot.com)

 

Untuk pompa vakum jenis ini menggunakan zat penyerap atau zat padat serta menerapkan metode dan prinsip Fisika dan Kimia. Yang mana tekanan vakum bisa dihasilkan jika menggunakan cara untuk mengikat gas yang terdapat di sebuah ruangan tertentu. 

Tipe pompa yang termasuk ke dalam jenis pompa vakum Momentum Transfer Pump yaitu :

· Pompa difusi

· Pompa turbomolecular

2. Pompa vakum laboratorium

Adalah jenis pompa yang bekerja secara mekanis dengan tujuan untuk mengekspansi volume udara pada sebuah ruang secara kontinu kemudian mengalirkan gas di dalamnya untuk membuangnya ke atmosfer lepas. Anda bisa memahami prinsip dari pompa jenis ini yang hampir sama dengan sistem pada jenis pompa air yang manual. Pompa jenis ini bernama Pompa positive displacement. 

pompa vakum laboratorium(sumber : bloggerblitar.com)

 

Pompa manual biasanya digunakan untuk mengangkat air tanah. Dimana pada sisi tempat dimana air akan dikeluarkan, disitulah dibentuk ruang vakum secara khusus. Kemudian pompa akan menghisap air yang kemudian akan menuju ke bagian atas lalu keluar menuju jalur yang sudah disiapkan. 

Berikut ini adalah jenis pompa vakum yang termasuk ke dalam jenis pompa tipe positive displacement. 

· Liquid ring pump

· Piston pump

· Screw pump

· Wankel pump

· External Vane pump

· Roots blower

· Pompa diafragma

· Rotary Vane pump

· Scroll pump

· Lobe pump

· Toepler pump

· Multistage roots pump

3. Pompa vakum industri

Pompa vakum jenis ini memakai metode yang bisa menghasilkan tekanan yang sangat tinggi. Nama pompa jenis ini adalah pompa momentum transfer. Namun yang umum terdapat di kalangan industri adalah jenis pompa turbomolecular. 

pompa vakum industri(sumber : intidayads.com)

Pompa ini diketahui memiliki performa yang cukup tangguh, terutama dengan hukum dinamika fluida yang digunakannya sehingga butuh penanganan dan penggunaan yang tepat. 

Tipe pompa vakum yang termasuk ke dalam jenis pompa vakum Entrapment adalah:

· Pompa kimia

· Pompa ionisasi

· Cryopump

Kegunaan atau Fungsi Pompa Vakum 

Pompa vakum berfungsi untuk meningkatkan kecepatan terjadinya kondensasi untuk berubah menjadi air kembali lewat komponen kondenser. Selain itu, juga berfungsi untuk membuat uap yang turun dan mengenai kondenser bagian luar sehingga membuatnya dialiri oleh sebuah media pendingin yang kemudian akan terjadi transfer panas.  Hal itu akan menyebabkan uap basah kembali mengalami kondensasi menjadi air kemudian tertampung pada sebuah ruangan yang berada di sebuah hot wall. 

Mengenal Cara Kerja Pompa Vakum

Adapun mengenai prinsip atau cara kerja yang dimiliki oleh pompa vakum diketahui berbeda-beda. Hal itu tergantung pada jenis teknik yang dipakai untuk menggerakkan pompa, yang kemudian akan memiliki dampak pada adanya perbedaan penggunaan setiap jenis pompa yang ada. 

Ada beberapa komponen penting pada sebuah pompa yang harus Anda ketahui keberadaannya. 

· Housing

· Rotor

· Vane 

· Outlet dan inlet

· Working Chamber

· Outlet Valve

Perlu diketahui bahwa pada sebuah rangkaian pompa yang menjadi standar fungsinya adalah keberadaan kondenser. Di dalam rangkaian pompa, kondenser memiliki kegunaan untuk mengatur sirkulasi berbagai macam zat yang diperlukan untuk dimasukkan dan dikeluarkan dengan menggunakan alat itu sendiri. 

Komponen yang kedua adalah yang bernama Heat Exchanger yang bisa ditambahkan pada rangkaian vakum yang sudah digunakan. 

Memilih Tipe Pompa Vakum Kering atau Minyak Dalam Proses Produksi

Banyak perusahaan atau industri yang saat ini lebih mempertimbangkan untuk menggunakan tipe oil vacuum pump atau dry vacuum pump. Setidaknya mereka memang memiliki pertimbangan secara khusus, diantaranya adalah manakah jenis pompa vakum yang bisa memberikan lebih banyak keuntungan. Terutama dari segi performa pompa vakum sekaligus biaya untuk melakukan perawatan pompa vakum secara keseluruhan. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar pompa vakum dengan tipe kering dan minyak. 

Dry Vacuum Pump

a) Digunakan pada industri farmasi, chemical, semiconductor dan coatings  

b) Performa pompa vakum sangat baik, handal, tidak beresiko mencemari produk dengan minyak dan tentu saja tak membutuhkan adanya penggantian oli

c) Harga dry vacuum pump masih terbilang tinggi sekaligus biaya perawatan yang tergolong mahal. Selain itu, suku cadangnya juga memiliki harga mahal

d) Model pompa vakum ini membutuhkan media air untuk bekerja sebagai pendingin.

 

Oil Vacuum Pump

a) Jenis pompa vakum yang bisa diandalkan performanya, terutama dengan melakukan perawatan yang rutin dan telaten 

b) Harga pompa vakum yang tidak begitu mahal, begitu juga dengan biaya perawatan dan suku cadangnya

c) Perlu penggantian oli secara berkala sesuai dengan kebutuhan penggunaan pompa vakum tersebut

d) Penggunaan tipe ini diketahui bisa mencemari hasil akhir produk Anda seperti misalnya membuat produk terkontaminasi dengan oil

e) Pabrik atau industri juga harus memikirkan tentang bagaimana cara untuk mengolah oli bekas pakai agar supaya lebih ramah lingkungan

Semua pompa vakum dengan jenis yang telah disebutkan diatas dimiliki oleh Becker pump. Anda dapat memiliki mesin vacuum pump Becker hanya di PT Intidaya Dinamika Sejati sebagai distributor satu-satunya di Indonesia.

Anda dapat mengunjungi langsung ke kantor kami yang ada di 4 kota yaitu Surabaya, Semarang, DKI Jakarta dan Jember. Anda juga dapat menghubungi langsung sales representatif kami untuk mendapatkan saran terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tidak hanya membeli mesin pompa vakum, kami akan menjamin after sales ketika ada kerusakan yang terjadi. Kami memiliki Bengkel mekanik dengan para ahli dibidangnya. Sehingga setiap kerusakan akan dengan mudah untuk direparasi oleh tim mekanik kami.

Selain itu, jika Anda telah memiliki mesin vakum dan memiliki kebutuhan untuk mengganti dengan yang baru, Anda dapat memanfaatkan program trade-in untuk ditukarkan dengan produk terbaik Becker.

pompa vakum Becker pompa vakum Becker pompa vakum Becker
pompa vakum Becker
Jakarta
Jl. Pangeran Jayakarta
Ruko Blok 123 No. 41
Telp. (021) 600 8054
Semarang
Perum Griya Bukit Jati Asri
Blok C18 - Ungaran Timur
Telp. (024) 7690 2512
Surabaya
Jl. Sidosermo Indah I/11
Kel. Sidosermo - Kec. Wonocolo
Telp. (031) 9984 6910
Jember
Jl. Mh. Thamrin Km 1
Ajung - Kab. Jember
Telp. (0331) 366 505
Medan
Telp. 0811 253 052
Legal Mention | Privacy Policy | Becker Pumps Indonesia @2023 - created by KIBO CREATIVE