pompa vakum Becker
pompa vakum Becker
30 Sep 2021 | By admin

Liquid Ring Vacuum Pump: Fungsi Komponen, Gangguan dan Perawatannya

Jenis vacuum pump yang ada di dunia industri sangat beragam, bergantung dari kegunaannya di sebuah industri tersebut. Salah satunya vacuum pump yang sangat berguna di industri pembangkit listrik adalah Liquid Ring Vacuum Pump atau LRVP. Dimana setiap harinya alat ini bekerja untuk membuat sebuah rungan tertutup menjadi kedap udara atau dalam kondisi vacuum. 

Serangkaian proses perlu Anda pahami untuk bisa tau bagaimana industri pembangkit listrik tenaga gas dan uap berjalan. Dimana vacuum pump mempunyai peran penting dimana seperti yang telah kami jelaskan bahwa alat ini berperan dalam mengeluarkan molekul-molekul yang berupada dari sebuah ruangan yang tertutup. Yaitu dengan memberikannya tekanan hingga sampai pada titik Exchanger. Nah dua media ini mempunyai engeri panas yang berbeda sehingga akan dimasukkan ke komponen kondensor untuk mengubahnya menjadi air dalam sebuah wadah water steam.

Penting untuk kita tahu secara umum vacuum pump mempunyai peran penting dalam industri di Indonesia. Diantaranya untuk memenuhi kebutuhan pabrik lampu, berbagai komponen elektronik, vacuum coating di industri kaca dan juga untuk memurnikan oli. Selain itu berbagai peralatan rumah sakit juga telah menggunakan vacuum pump yaitu alat tes radiosurgery, radiotherapy dan juga ada alat radiopharmacy. 

liquid ring vacuum pump(sumber : sciencedirect.com)

Adanya vacuum pump akan membuat komponen kondensor pada water steam mempunyai tekannan yang cukup rendah. Vacuum pump akan  mengalirkan sebuah fluida, dimana fluida ini akan mengikat gas di dalam ruangan. Hal ini berlangsung melewati suction connerction. Setelah berikatan maka fluida ikatan tersebut akan memasuki Cone dan Impeller. Dan selanjutnya fluida ikatan akan dibuang lewat discharge connetion. Barulah kondisi vacuum yang Anda ciptakan bisa terbentuk

Macam-Macam Prinsip Kerja Vacuum Pump

Sebelum kita lebih detail membahas terkait komponen yang ada pada Liquid Ring Vacuum Pump, kita bahas terlebih dahulu bagaimana prinsip kerja dari alat ini. Vacuum pump secara umum mempunyai tiga prinsip kerja berdasarkan perpindahannya ya.

· Positive Displacement

Alat ini bekerja secara mekanis dimana sebuah volume akan diekspansi secara berkelanjutan. Kemudian gas akan melewati pompa tersebut dan ruang volume akan ter-sealing. Sehingga gas akan terbuang ke atmosfer.

· Momentum Transfer

Berbeda dengan prinsip kerja positive displacement vacuum pump, vacuum pump ini memakai sistem jet fluida dalam kecepatan tinggi. Atau bisa juga memakai sudu putar yang mempunyai kecepatan tinggi pula guna menarik gas dari sebuat tempat atau ruang yang tertutup yaa.

· Entrapment Vacuum Pump

Selanjutnya yang ketiga ada vacuum pump yang memakai sebuah zat padat yang mempunyai sifat adsorbsi. Sifat inilah yang membuat padatan tersebut mampu mengikat senyawa gas dalam sebuah ruangan yang tertutup.

Fungsi Tiap Komponen Pada Liquid Ring Vacuum Pump

Dalam sebuah industri PLTGU terdapat vacuum pump yang salah satunya adalah Liquid Ring Vacuum Pump. LRVP menggunakan prinsip kerja positive displacement vacuum pump. Sehingga memakai cara mekanis untuk bisa melakukan ekspansi sebuah volume secara terus-menerus. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa gas akana mengalir melewati suction connection yang selanjutnya akan di sealing memakai liquid. Dan kemudian barulah gas dibuang dengan menggunakan discharge connection.

komponen liquid ring vacuum pump(sumber : industrialvacuumpump.wordpress.com)

 

Pada LRVP Anda akan menemukan beberapa komponen krusial atau utama yang menjadi fokus pada alat ini. Sehingga vacuum pump jenis ini akan bisa bekerja lebih optimal.

· Poros/Shaft

Dalam sebuah alat atau mesin poros mempunyai fungsi kerja sebagai komponen yang melanjutkan momen punter yang berasal dari penggerak ketika alat beroperasi. Selain itu poros juga menjadi tempat kedudukan bagi impeller sebagai komponen lain yang berputar.

· First Stage Inlet Vacuum Pump

Jenis vacuum pump ini mempunyai first stage inlet yang mana merupakan sebuah aliran masuknya komponen gas atau uap dari kondensor atau suction nozzle yang berperan dalam menarik gas atau uap. Nah terdapat dua inlet stage yang terletak pada vacuum pump first stage inlet. Diantaranya ada Floating free dan floating locked bearing end head.

· Bearing cone

Bearing cone atau merupakan komponen first stage floating bearing end cone yang mempunyai fungsi kerja sebagai pembatas fluida gas yang keluar dari first stage inlet. Kemudian adanya cone yang terdapat pada vacuum pump mempunyai celah pada selimut permukaan cone tersebut. Dimana fungsinya adalah untuk tempat fluida gas mengalir ke first stage impeller. Nah ketika poros berputas maka kerucut akan membuat fluida terbatasi atau terperangkap di dalam alat ini.

· Rotor (First Stage)

Saat sebuah rotor penggerak berputar, rotor yang sedang digerakkan juga akan mengalami perputaran yang sama. Nah karena antara posisi rotor penggerak yang juga rotor yang digerakkan offset maka terdapat sebuah ekspansi volume ruang saat itu terjadi.

· First Stage Body

Jenis vacuum pump ini mempunyai komponen yang disebut dengan first stage body yang mana merupakan sebuah ruang dimana impeller berada. Dan disini pula terjadi proses pencampuran liquid tahap pertama bekerja.

· Second Stage Bracket

Komponen ini mempunyai fungsi untuk memapatkan gabungan antara first stage dan second stage. Kemudian menghambat terjadinya kebocoran antara fluida gas dan air.

· Rotor Tingkat Dua

Selanjutnya ada second stage rotor yang mana memaksimalkan fungsi kerja first stage rotor. Yang mana pada tingkatan rotor kedua ini sebuah fluida gas dan air akan berkombinasi bersama impeller yang berbeda. Namun secara khusus fungsi rotor ini adalah agar vacuum menjadi optimal dan dan nantinya fluida tersebut bisa terbuang melalui discharge nozzle.

· Second Stage Lobe

Merupakan sebuah komponen yang letaknya ada diantara poros yang sedang berputar dan bearing yang sedang diam.

· Second Stage Cone

Komponen ini merupakan komponen kerucut tahap dua, fungsinya adalah sebagai sebuah salurai fluida gas kea rah second stage impeller. Nah ketika poros mengalami perputaran maka cone atau kerucut akan menjadi perangkap yang pas bagi fluida gas yang terletak pada vacuum pump yang Anda gunakan.

· Second Stage Discharge Manifold

Komponen satu ini akan berfungsi sebagai outlet dari adanya proses pengolahan fluida yang ada pada first stage dan juga second stage. Discarge akan berperan dalam mengatur pemisahan antara gas dan juga fluida air.

· Inter stage Check Value

Komponen ini Anda butukan saat ingin aliran fluida yang terjadi hanya bisa menyalur searah saja. Artinya komponen ini penting agar tidak terjadi reversed flow atau aliran balik ke tingkatan yang sebelumnya. Nah komponen ini memanfaatkan gravitasi dan juga tekanan yang berasal dari aliran fluida itu sendiri ya.

· Outlet/Discharge Gas

Komponen ini terdiri dari discharge nozzle yang mempunyai fungsi guna sebagai saluran agar fluida keluar dari komponen impeller. 

Jika kamu sekarang telah mengetahui apa saja komponen utama dalam Liquid Ring Vacuum Pump. Maka selanjutnya kita akan merangkum terkait gangguan apa saja yang mungkin terjadi pada vacuum pump ini. 

Gangguan Pada Liquid Ring Vacuum Pump

Seiring penggunaan vacuum pump dalam industry PLTGU tentunya banyak dari pengguna yang mengalami gangguan pada sistem kerjanya. Hal ini tentunya karena semakin sering alat berfungsi maka semakin membutuhkan perawatan yang intensif. Berikut ini beberapa gangguan yang umum terjadi pada LRVP yang terdapat pada PLTGU.

· Bearing kurang pelumas, baik dalam bearing maupun sisi luarnya.

· Cairan operasi atau gas mengandung kotoran atau pasir/endapan lain, yang mana akan menyebabkan vacuum pump secara umum tersumbat. Dan bisa berakibat pada macetnya impellet apabila vacuum pump tidak dibersihkan secara berkala.

· Kavitasi tidak sempurna yang mana menimbulkan suara berisik dari sisi suction atau komponen hisapnya. Jika hal ini terjadi dan tidak diatasi, selain alat menjadi berisik juga akan mengurangi kapasitas pompa. Kemudian vacuum pump akan kesulitan untuk mengembalikan head atau tekanan dan juga vacuum pump menjadi kurang efektif.

· Terjadi vibrasi yang berlebihan juga bisa anda jadikan tanda alat mengalami gangguan. Nah pada vacuum pump jenis ini seringkali vibrasi berlebihan akibat adanya unbalance di dalam sistem. Kemudian misalignment, terdapat variasi beban, clearance mechanical looseness, gigi rusak, bearing rusak, masalah kelistrikan, dan terdapat gesekan.

Perawatan Pada Alat Liquid Ring Vacuum Pump

Dengan banyaknya masalah atau gangguan yang terjadi pada alat ini maka kamu perlu merawatnya dengan baik. Berikut ini ada beberapa perawatan yang secara umum bisa kamu aplikasikan pada LRVP.

· Routine Maintenance

Sistem perawatan yang perlu kamu lakukan adalah melakukan inspeksi harian pada peralatan yang sedang terpasang dan juga yang sedang beroperasi. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kerusakan yang tidak terprediksi dikemudian hari.

· Predictive Maintenance

Perawatan yang satu ini Anda perlukan untuk jangka yang panjang. Dimana seorang teknisi akan melakukan pengamatan terhadap alat dan melakukan pengukuran yang dibutuhkan.

· Preventive Maintenance

Untuk perawatan yang satu ini, jenis vacuum pump apapun juga membutuhkan perawatan rutin yang terjadwal. Sehingga alat mempunyai efisiensi kerja yang optimal dan juga umur alat menjadi lebih panjang.

Nah itulah tadi seputar jenis vacuum pump yang bernama Liquid Ring Vacuum Pump yang terdapat pada PLTGU Indonesia. Dengan Anda mengetahui komponen utama yang terdapat pada vacuum pump jenis ini harapannya kita bisa melakukan perawatan yang seharusnya. Sehingga gangguan-gangguan yang terjadi bisa kita hindari sehingga alat lebih bisa bekerja maksimal.

Jika Anda sedang mencari berbagai jenis vacuum pump untuk kebutuhan perusahaan Anda, Anda dapat mengunjungi PT Intidaya Dinamika Sejati. Kami berada di 4 lokasi yaitu Surabaya, DKI Jakarta, Semarang, dan Jember.

Anda juga tidak hanya membeli langsung vacuum pump, Kami juga memiliki layanan perbaikan berbagai merk vacuum pump di bengkel Kami, yaitu Bengkel Sejati. Anda dapat menukarkan vacuum pump lama Anda dengan Becker yang Kami miliki.

Segera hubungi sales representatif kami baik dengan whatsapp atau dengan telepon langsung. Kami akan membantu menentukan pilihan yang terbaik untuk Anda.

pompa vakum Becker pompa vakum Becker pompa vakum Becker
pompa vakum Becker
Jakarta
Jl. Pangeran Jayakarta
Ruko Blok 123 No. 41
Telp. (021) 600 8054
Semarang
Perum Griya Bukit Jati Asri
Blok C18 - Ungaran Timur
Telp. (024) 7690 2512
Surabaya
Jl. Sidosermo Indah I/11
Kel. Sidosermo - Kec. Wonocolo
Telp. (031) 9984 6910
Jember
Jl. Mh. Thamrin Km 1
Ajung - Kab. Jember
Telp. (0331) 366 505
Medan
Telp. 0811 253 052
Legal Mention | Privacy Policy | Becker Pumps Indonesia @2023 - created by KIBO CREATIVE